RSS

ASUHAN KEPERAWATAN FARINGITIS

BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Faringitis kadang juga disebut sebagai radang tenggorok. Faringitis-Viral (Faringitis karena Virus) adalah peradangan pharynx (bagian tenggorokan antara amandel dan pangkal tenggorokan) yang disebabkan oleh virus. Selain virus, bakteri juga dapat menyebabkan perdadangan. Namun yang paling umum penyebab peradangan adalah virus. Ketika di tenggorokan tidak ditemukan bakteri penyebab gejala, kemungkinan besar faringitis disebabkan virus. Peradangan ini mengkibatkan sakit tenggorokan. Faringitis dapat terjadi sebagai bagian dari infeksi virus yang juga melibatkan sistem organ lain, seperti paru-paru atau usus.
Faringitis terjadi pada semua umur dan tidak dipengaruhi jenis kelamin, tetapi frekuensi yang paling tinggi terjadi pada anak-anak. Faringitis akut jarang ditemukan pada usia di bawah 1 tahun. Insidensinya meningkat dan mencapai puncaknya pada usia 4-7 tahun, tetapi tetap berlanjut sepanjang akhir masa anak-anak dan kehidupan dewasa. Kematian yang diakibatkan faringitis jarang terjadi, tetapi dapat terjadi sebagai hasil dari komplikasi penyakit ini.

B.   TUJUAN PENULISAN
Makalah ini disusun dengan tujuan sebagai berikut :
1.         Menjelaskan pengertian dan konsep dasar faringitis pada anak-anak
2.         Mengetahui penanganan, pentalaksanaan faringitis yang terjadi pada anak-anak
3.         Sebagai sumber informasi untuk mahasiswa;
4.         Mengetahui bagaimana cara melakukan asuhan keperawatan yang baik.




C.      MANFAAT PENULISAN
1.         Umum
Diharapkan dengan adanya makalah ini bisa menambah pengetahuan kita terhadap faringitis ini khususnya bagi kita yang terjun langsung sebagai tenaga kesehatan sehingga menjadi perawat profesional pun bisa kita capai dengan bertambahnya lagi pengetahuan tentang faringitis ini.
2.         Khusus
Mampu menjelaskan asuhan keperawatan faringitis pada anak-anak.

D.      SISTEMATIKA PENULISAN
Adapun sistematika penulisan dalam makalah ini yaitu terdiri dari:
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah,
B.     Tujuan Penulisan,
C.     Manfaat Penulisan
D.     Sistematika Penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA yang terdiri dari:
A.    Konsep Medik
B.     Konsep Keperawatan
BAB III ASUHAN KEPERAWATAN
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran





BAB II
TINJAUAN TEORITIS

I.         KONSEP MEDIK
A.       DEFINISI
Faringitis adalah suatu peradangan pada tenggorokan (faring).Faringitis (dalam bahasa Latin; pharyngitis), adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau faring. Kadang juga disebut sebagai radang tenggorokan.
Radang tenggorokan berarti dinding tenggorokan menebal atau bengkak, berwarna lebih merah, ada bintik-bintik putih dan terasa sakit bila menelan makanan.

B.       KLASIFIKASI
Secara umum faringitis dapat dibagi menjadi 3 yaitu:
1.        Faringitis Akut
Faringitis virus atau bakterialis akut adalah penyakit yang sangat penting. Beberapa usaha dilakukan pada klasifikasi peradangan akut yang mengenai dinding faring. Yang paling logis untuk mengelompokkan sejumlah infeksi-infeksi ini dibawah judul yang relatif sederhana “Faringitis Akut”. Disini termasuk faringitis akut yang terjadi pada pilek biasa sebagai akibat penyakit infeksi akut seperti eksantema atau influenza dan dari berbagai penyebab yang tidak biasa seperti manifestasi herpesdan sariawan.
2.        Faringitis Kronis
a.         Faringitis Kronis Hiperflasi
Pada faringitis kronis hiperflasi terjadi perubahan mukosa dinding posterior. Tampak mukosa menebal serta hipertofi kelenjar limfe di bawahnya dan di belakang arkus faring posterior (lateral band). Dengan demikian tampak mukosa dinding posterior tidak rata yang disebut granuler.
b.        Faringitis Kronis Atrofi (Faringitis sika)
Faring kronis atrofi sering timbul bersama dengan rinitis atrofi.Pada rinitis atrofi udara pernapasan tidak diatur suhu serta kelembapannya sehingga menimbulkan rangsangan serta infeksi faring.
c.         Faringitis Spesifik
1)        Faringitis Luetika
a)        Stadium Primer
Kelainan pada stadium ini terdapat pada lidah, palatum mole, tonsil, dan dinding faring posterior.Kelainan ini berbentuk bercak keputihan di tempat tersebut.
b)        Stadium Sekunder
Stadium ini jarang ditemukan.Pada stadium ini terdapat pada dinding faring yang menjalar ke arah laring.
c)        Stadium Tersier
Pada stadium ini terdapat guma.Tonsil dan pallatum merupakan tempat predileksi untuk tumuhnya guma.Jarang ditemukan guma di dinding faring posterior.
2)        Faringitis Tuberkulosa
Kuman tahan asam dapat menyerang mukosa palatum mole, tonsil, palatum durum, dasar lidah dan epiglotis. Biasanya infeksi di daerah faring merupakan proses sekunder dari tuberkulosis paru, kecuali bila terjadi infeksi kuman tahan asam jenis bovinum, dapat timbul tuberkulosis faring primer.

C.       GEJALA
Baik pada infeksi virus maupun bakteri, gejalanya sama yaitu nyeri tenggorokan dan nyeri menelan. Selaput lendir yang melapisi faring mengalami peradangan berat atau ringan dan tertutup oleh selaput yang berwarna keputihan atau mengeluarkan nanah. Gejala lainnya adalah:
1.        Demam
2.        Pembesaran kelenjar getah bening di leher
3.        Peningkatan jumlah sel darah putih.
Gejala tersebut bisa ditemukan pada infeksi karena virus maupun bakteri, tetapi lebih merupakan gejala khas untuk infeksi karena bakteri.
Kenali gejala umum radang tenggorokan akibat infeksi virus sebagai berikut:
1.        Rasa pedih atau gatal dan kering.
2.        Batuk dan bersin.
3.        Sedikit demam atau tanpa demam.
4.        Suara serak atau parau.
5.        Hidung meler dan adanya cairan di belakang hidung.

D.       ETIOLOGI
1.        Faringitis bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kebanyakan disebabkan oleh virus, termasuk virus penyebab common cold, flu, adenovirus, mononukleosis atau HIV. Bakteri yang menyebabkan faringitis adalah streptokokus grup A, korinebakterium, arkanobakterium, Neisseria gonorrhoeae atau Chlamydia pneumoniae.
2.        Virus, 80 % sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam .
3.        Batuk dan pilek. Dimana batuk dan lendir (ingus) dapat membuat tenggorokan teriritasi.
4.        Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease).
5.        Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap).
6.        Bakteri streptokokus, dipastikan dengan Kultur tenggorok. Tes ini umumnya dilakukan di laboratorium menggunakan hasil usap tenggorok pasien. Dapat ditemukan gejala klasik dari kuman streptokokus seperti nyeri hebat saat menelan, terlihat bintik-bintik putih, muntah – muntah, bernanah pada kelenjar amandelnya, disertai pembesaran kelenjar amandel.

E.       PATOFISIOLOGI
Organisme yang menghasilkan eksudat saja atau perubahan kataral sampai yang menyebabkan edema dan bahkan ulserasi dapat mengakibatkan faringitis.Pada stadium awal, terdapat hiperemia, kemudian edema dan sekresi yang meningkat.Eksudat mula-mula serosa tapi menjadi menebal atau berbentuk mukus dan kemudian cenderung menjadi kering dan dapat melekat pada dinding faring.
Dengan hiperemia, pembuluh darah dinding faring menjadi melebar. Bentuk sumbatan yang berwarna putih, kuning atau abu-abu terdapat dalam folikel atau jaringan limfoid. Tidak adanya tonsilia, perhatian biasanya difokuskan pada faring dan tampak bahwa folikel limfoid atau bercak-bercak pada dinding faring posterior atau terletak lebih ke lateral, menjadi meradang dan membengkak. Tekanan dinding lateral jika tersendiri disebut faringitis lateral. Hal ini tentu saja mungkin terjadi, bahkan adanya tonsilia, hanya faring saja yang terkena.

F.        KOMPLIKASI
1.        Otitis media purulenta bakterialis
Daerah telinga tengah normalnya adalah steril. Bakteri masuk melalui tube eustacius akibat kontaminasi sekresi dalam nasofaring.
2.        Abses Peritonsiler
Sumber infeksi berasal dari penjalaran faringitis/tonsilitis akut yang mengalami supurasi, menembus kapsul tonsil.
3.        Glomerulus Akut
Infeksi Streptokokus pada daerah faring masuk ke peredaran darah, masuk ke ginjal. Proses autoimun kuman streptokokus yang nefritogen dalam tubuh meimbulkan bahan autoimun yang merusak glomerulus.
4.        Demam Reumatik
Infeksi streptoceal yang awalnya ditandai dengan luka pada tenggorok akan menyebabkan peradangan dan pembentukan jaringan parut pada katup-katup jantung, terutama pada katup mitral dan aorta.
5.        Sinusitis
Sinusitis adalah radang sinus yang ada disekitar hidung dapat berupa sinusitis maksilaris / frontalis. Sinusitis maksilaris disebabkan oleh komplikasi peradangan jalan napas bagian atas (salah satunya faringitis), dibantu oleh adanya faktor predisposisi. Penyakit ini dapat disebabkan oleh kuman tunggal dan dapat juga campuran seperti streptokokus, pneumokokus, hemophilus influenza dan kleb siella pneumoniae.
6.        Meningitis
Infeksi bakteri padadaerah faring yang masuk ke peredaran darah, kemudian masuk ke meningen dapat menyebabkan meningitis. Akan tetapi komplikasi meningitis akibat faringitis jarang terjadi.

G.      PETALAKSANAAN
1.        Antibiotik golongan penicilin atau sulfanomida
a.         Faringitis streptokokus paling baik diobati peroral dengan penisilin (125-250 mg penisilin V tiga kali sehari selama 10 hari)
b.        Bila alergi penisilin dapat diberikan eritromisin (125 mg/6 jam untuk usia 0-2 tahun dan 250 mg/6 jam untuk usia 2-8 tahun) atau klindamisin.
2.        Tirah Baring
3.        Pemberian cairan yang adekuat
4.        Diet ringan
5.        Obat kumur hangat.
Berkumur dengan 3 gelas air hangat. Gelas pertama berupa air hangat sehingga penderita dapat menahan cairan dngan rasa enak. Gelas kedua dan ketiga dapae diberikan air yang lebihhangat.Anjurkan setiap 2 jam. Obatnya yaitu:
a.         Cairan saline isotonik (½  sendok teh garam dalam 8 oncesair hangat)
b.        Bubuk sodium perbonat (1 sendok teh bubuk dalam 8 ounces air hangat). Hal ini terutama berguna pada infeksi vincent atau penyakit mulut. (1 ounce = 28 g)
6.        Pendidikan Kesehatan.
a.         Instruksikan pasien menghindari kontak dengan orang lain sampai demam hilang. Hindari penggunaan alkohol, asap rokok, tembakau dan polutan lain.
b.        Anjurkan pasien banyak minum. Berkumur dengan larutan normal salin dan pelega tenggorokan bila perlu.

H.       PEMERIKSAAN PENUNJANG
1.        Pada pemeriksaan dengan mempergunakan spatel lidah, tampak tonsil membengkak, hiperemis, terdapat detritus, berupa bercak (folikel, lakuna, bahkan membran). Kelenjar submandibula membengkak dan nyeri tekan, terutama pada anak.
2.        Pemeriksaan Biopsi
Contoh jaringan untuk pemeriksaan dapat diperoleh dari saluran pernapasan (sekitar faring) dengan menggunakan teknik endoskopi. Jaringan tersebut akan diperiksa dengan mikroskop untuk mengetahui adanya peradangan akibat bakteri atau virus.
3.        Pemeriksaan Sputum
Pemeriksaan sputum makroskopik, mikroskopik atau bakteriologik penting dalam diagnosis etiologi penyakit.Warna bau dan adanya darah merupakan petunjuk yang berharga.
4.        Pemeriksaan Laboratorium
a.         Sel darah putih (SDP)
Peningkatan komponen sel darah putih dapat menunjukkan adanya infeksi atau inflamasi.
b.        Analisa Gas Darah
Untuk menilai fungsi pernapasan secara adekuat, perlu juga mempelajari hal-hal diluar paru seperti distribusi gas yang diangkut oleh sistem sirkulasi.

II.      KONSEP KEPERAWATAN
A.       PENGKAJIAN
1.        Riwayat Kesehatan
a.         Adanya riwayat infeksi saluran pernapasan sebelumnya: batuk, pilek, demam.
b.        Riwayat alergi dalam keluarga
c.         Riwayat penyakit yang berhubungan dengan imunitas seperti malnutrisi
d.        Anggota keluarga lain yang mengalami sakit saluran pernapasan
e.         Ada/tidak riwayat merokok
2.        Pemeriksaan Fisik
a.         Pernapasan
Pernapasan dangkal, dipneu, takipneu, tanda bunyi napas ronchi halus dan melemah, wajah pucat atau sianosis bibir atau kulit
b.        Aktivitas atau Istirahat
Kelelahan, malaise, insomnia, penurunan toleransi aktivitas, sirkulasi takikardi, dan pucat
c.         Makanan dan cairan
Gejala :        Kehilangan nafsu makan, disfagia, mual dan muntah.
Tanda :        Hiperaktivitas bunyi usus, distensi abdomen, turgor kulit buruk.
d.        Observasi
1)        Adanya retraksi atau pernapasan cuping hidung
2)        Adanya kepucatan atau sianosis warna kulit
3)        Adanya suara serak, stridor, dan batuk
4)        Perilaku: gelisah, takut
5)        Adanya sakit tenggorok, adanya pembesaran tiroid, pengeluaran sekret, kesulitan menelan.
6)        Tanda-tanda: nyeri dada, nyeri abdomen, dyspnea

B.       DIAGNOSA KEPERAWATAN.
1.        Peningkatan suhu tubuh berhubungandengan adanya peradangan
2.        Nyeri akut berhubungan dengan inflamasi pada tenggorokan
3.        Bersihan jalan napas tidak efektif berhubungan dengan peningkatan secret
4.        Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan kesulitan menelan

C.       INTERVENSI KEPERAWATAN

Diagnosa

Intervensi

Rasional


DX-1
1.    Ukur tanda-tanda vital
2.    Monitor temperature tubuh secara teratur
3.    Identifikasi adanya dehidrasi, peradangan
4.    Kolaborasi pemberian antibiotik, antipiretik

1.      Untuk mengetahui keadaan pasien
2.      Mengetahui perkembangan suhu tubuh.
3.      Mengetahui adanya dehidrasi dan tingkat
4.      Membantu dalam proses penyembuhan

DX-2


1.  Kaji ulang tingkat nyeri
2.  Ajarkan teknik relaksasi
3.  Kaji TTV
4.  Kolaborasi dalam pemberian analgetik

1.    Agar tepat dalam memilih tindakan untuk mengatasi nyeri
2.    Meningkatkan relaksasi dan mengurangi nyeri
3.    Untuk mengetahui keaadaan umum pasien
4.    Untukmenguranginyeri

DX-3
1.    Kaji intake makanan pasien
2.    Anjurkan pasien untuk makan makanan yang tinggi kalori dan serat

1.     Untuk mengetahui adanya peningkatan nafsu makan
2.     Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pasien


DX-4
1.    Identifikasi kualitas atau kedalaman nafas pasien.
2.    Anjurkan untuk minum air hangat.
3.    Ajari pasien untuk batuk efektif.
4.    Kolaborasi untuk pemberian terapi
1.    Untuk mengetahui keadaan nafas pasien.
2.    Untuk mencairkan secret agar mudah keluar.
3.    Untuk melegakan saluran nafas.
4.    Untuk mengencerkan dahak.











BAB III
ASUHAN KEPERAWATAN
PADA An. T DENGAN GANGGUAN SISTEM PERNAFASAN
FARINGITIS
DI RUANG PUSPA RST CIREMAI

RUANG RAWAT                  : Ruang Puspa
TANGGAL MASUK RS       : 14 Januari 2013
NO. MEDRECT                     : 000063765
TANGGAL PENGKAJIAN  : 14 Januari 2013

I.          PENGKAJIAN
A.       IDENTITAS KLIEN
Nama Klien                : An. T
Jenis Kelamin             : P
Umur                          : 8 tahun
Agama                        : Islam
Pekerjaan                    : bawah umur
Pendidikan                 : SD
Alamat                        : Jln cendana Raya No. 61 Rt 004/009 Kec Talun
Diagnosa Medis         : Faringitis

B.       RIWAYAT KEPERAWATAN
1.        Riwayat kesehatan sekarang
a.         Keluhan Utama
Klien mengeluh panas
b.        Kronologis keluhan
Klien datang ke UGD RST Ciremai pada tanggal 14 Januari 2013 dengan keluhan panas, sakit tenggorokan dan filek. Keluhan dirasakan sejak 3 hari yang lalu, sebelumnya klien di bawa berobat ke puskesmas, namun karena keadaan klien tidak kunjung membaik akhirnya klien di bawa ke RST Ciremai dan harus dirawat di ruang Puspa Kelas 2A. dengan diagnosa faringitis.
Saat dilakukan pengkajian pada tanggal 14 januari 2013 pukul 21.00 WIB, keadaan klien tampak lemah, klien mengeluh masih panas sakit tenggorokan,dan  pilek. Adapun hasil dari pemeriksaan fisik adalah sebagai berikut:
Suhu                        : 39,2˚ C
Berat badan            : 24 Kg.
Nadi                        : 92x/menit
Respirasi                 : 22x/menit
Tekanan darah        : Tidak Terkaji
2.        Riwayat Kesehatan Masa Lalu
Klien mengatakan sebelumnya klien belum pernah dirawat di rumah sakit dengan penyakit yang sama seperti sekarang, klien tidak pernah menderita penyakit lain, klien juga tidak mempunyai riwayat alergi terhadap makanan maupun obat.
3.        Riwayat Kesehatan Keluarga
Menurut klien, dikeluarganya tidak ada yang menderita penyakit yang sama dengan klien, dan klien pun tidak memiliki riwayat penyakit kronis.
4.        Riwayat psikososial dan spiritual
keluarga klien mengatakan sosialisasi klien dengan keluarga dan orang lain sangat baik, klien terlihat cemas dengan keadaan yang di alaminya sekarang.  Keluarga selalu berharap dan berdoa agar klien cepat sembuh.





5.        Pola Kebiasaan Sehari-Hari
No
Jenisaktivitas
Saatsehat / di rumah
Saatsakit / di RS
1.














2.











3.




4.





Nutrisi
ü  makan
a.       Frekuensi
b.      Jenismakanan


c.       Porsi makan
d.      Nafsu makan
e.       Kesulitan/ gangguan

ü  Minum
a.       Jenis air minum
b.      Jumlah
c.       Kesulitan / gangguan

Eliminasi
a.       Eliminasi fecal
1)      Frekuensi
2)      Warna
3)      Konsistansi
4)      Kesulitan / gangguan
b.      Eliminasi urine
1)      Frekuensi
2)      Warna, bau urine
3)      Apakah terpasang kateter

Personal hygiene
a.       Mandi
b.      Oral hygiene
c.       Cuci rambut
d.      Potong kuku
Istirahat / tidur
a.       Waktu tidur
b.      Durasi tidur
c.       Bangun malam hari
d.      Gangguan dalam tidur


3x sehari
Nasi,lauk pauk,makanan ringan,
1 porsi habis
Baik
Tidak ada


Susu, Es, air putih
4 gelas/hari
-



1-2x/hari
Kuning khas
Lembek
Tidak ada

3-4x/hari
Kuning jernih, khas
Tidak



2x sehari
1-2x sehari
2x sehari
1x dalam  seminggu

Malam hari
8 jam
Tidak
Tidak ada


3x sehari
Bubur +lauk pauk

 Tidak habis
Kurang Baik
Kesulitan menelan

Air putih
4-5  gelas/ hari
Kesulitan menelan


1x/hari
Tidak terkaji
Tidak terkaji
Tidak ada

1x
Kuning, khas
Tidak



Di seka
1x/hari
1x/hari
1x/minggu

Malam hari
6 jam
Ya
↑↓ Panas

C.       PEMERIKSAAN FISIK
1.        Keadaan Umum
Kesadaran             : compos mentis                                                                              
2.        Tanda-tanda vital
Suhu                   : 39,2˚ C
Berat badan       : 24 Kg.
Nadi                   : 92x/menit
Respirasi            : 22x/menit
Tekanan Darah   : Tidak Terkaji
3.        Sistem penglihatan
Posisi mata simetris, kelopak mata normal, konjungtiva an anemis, seklerea an ikhterik, pupil isokor, kornea normal, otot-otot mata baik, lapang pandang baik, fungsi penglihatan baik (klien bisa melihat dan membaca papan nama perawat)
4.        Sistem pendengaran
Posisi telinga normal, aurikel baik tidak nyeri tekan, kondisi telingan terdapat serumen, fungsi pendengaran baik dengan klien selalu menjawab pertanyaan yang di berikan perawat.
5.        Sistem pernafasan
Frekuensi: 22 x/menit, posisi hidung simetris, pernafasan normal, terdapat sumbatan sekret, ada batuk, suara nafas tidak baik (ronchi (+), wheezing -/-), fungsi penciuman baik klien bisa mencium bau dari aroma kayu putih.
6.        Sistem kardiovaskuler
Irama jantung reguler, tidak terdapat bunyi jantung tambahan, temperatur kulit hangat.
7.        Sistem pencernaan
Gigi lengkap, keadaan sedikit kotor, nafas sedikit berbau, nafsu makan baik, bab 1x/hari, bising usus 8x/menit, abdomen tidak kembung, flatus baik, tidak ada gejala susah BAB.
8.        Sistem genetalia
Klien tidak bersedia untuk di periksa pada daerah genitaliany
9.        Sistem saraf pusat
Ø  Tingkat kesadaran   : compos mentis
Ø  GCS:
ü  Respon membuka mata         : 4 (membuka secara spontan)
ü  Respon verbal                        : 5 (orientasi baik)
ü  Respon motorik                     : 6 (melakukan perintah baik)
ü  4 + 5 + 6 = 15® compos mentis
Ø  NI(olfaktorius)              :klien dapat mencium bau kayu putih
Ø  NII(optikus)                  :klien dapat membaca papan nama perawat
Ø  NIII(okulomotorius)     : reflek pupil bereaksi terhadap cahaya
Ø  NIV(troclearis)              : otot otot mata klien dapat mengikuti pergerakan yg di perintahkan perawat.
Ø  NV(trigeminus)             : klien mampu menggigit
Ø  NVI(abducen)               : mata klien dapat bergerak
Ø  NVII(facial)                  : fungsi pengacap klien baik
Ø  NVIII(auditorius)         : fungsi pendengaran klien baik(klien menjawab pertanyaan)
Ø  NIX(glosofaringeus)     : klien dapat berbicara
Ø  NX(vagus)                    : klien tidak menelan dengan baik
Ø  NX1(asesorius)             : klien dapat menggerakan bahu dengan baik
Ø  NXII(hipoglosus)          : klien mampu menggerakan lidah.
10.    Sistem Muskuloskletal
Terpasang infus di tangan kanan, ,kekuatan tonus otot :
              5       5
5             5
11      Sistem integumen
Turgor kulit baik, warna kulit coklat gelap.

D.       DATA PENUNJANG
1.        Pemeriksaan laboratorium tanggal 14 januari 2013
Jenispemeriksaan
Hasil
Rujukan
I.       HEMATOLOGI
DARAH RUTIN
-          Hemoglobin
-          Leukosit
-          Erytrosit
-          Haematokrit
-          Trombosit
II.    SEROLOGI
WIDAL
-          S.TY.H
-          S.PA.H
-          S.PB.H
-          S.PC.H
-          S.TY.O
-          S.PA.O
-          S.PB.O
-          S.PC.O


12,2 gr%
11,5ribu / mm³
5,16 juta / mm³
36 %
158ribu / mm³


+ 1 / 160
-- / NEG
+ 1 / 160
-- / NEG
+ 1 / 160
+ 1 / 160
+ 1 / 160
+ 1 / 160


W 12-16 gr%
4.0-10.0 ribu / mm³
W 4-4,5 juta/mm³
W 37-43 %
150-390 ribu / mm³






2.        Pemeriksaan laboratorium tanggal 15 januari 2013
Jenis pemeriksaan
Hasil
Nilai Normal
I.   HEMATOLOGI
DARAH RUTIN
-          Hemoglobin
-          Leukosit
-          Erytrosit
-          Haematokrit
-          Trombosit

 URINE LENGKAP
-          Warna
-          BD
-          PH
-          Keton
-          Nitrit
-          Albumin
-          Reduksi
-          Urobilin
-          Bilirubin

SEDIMEN
-          Leukosit
-          Erytrosit
-          Silinder
-          Epitel cel
-          Kristal


11,6 gram %
8,1 ribu/mm³
5,18 juta
35,8 %
150 ribu/mm³



1,020
6,5
--/NEG
--/NEG
+/POSI
--/NEG
--/NEG
--/NEG


3
2--3
0-      -1
+/POSI
--/NEG


10,12-16 gram %
4,0-10,0 ribu/mm³
4-4,5 juta
37-43 %
150-390 ribu/mm³



KUNING
KUNING
NEGATIF
NEGATIF
NEGATIF
NEGATIF
NEGATIF
NEGATIF


0-4/LPB
0-4LPB
NEGATIF
POSITIF
NEGATIF


3.      Pemeriksaan Hasil Laboratorium tanggal 16 Januari 2013
Jenis pemeriksaan
Hasil
Nilai Normal
I.        HEMATOLOGI
DARAH RUTIN
-          Hemoglobin
-          Leukosit
-          Haematokrit
-          Trombosit


11,5 gram
5,0 ribu / mm³
36,1 %
145 ribu / mm³


10,12-16 gram %
4,0-10,0 ribu/mm³
37-43 %
150-390 ribu/mm³


E.       PENATALAKSANAAN / THERAPY
-            Infus RL 20 tts/ menit
-            Cefotaxim  2x 1/ 600 mg
-            Antrain 2x1 250 mg

II.      ANALISA DATA
No
Analisa Data
Etiologi
Masalah
1.
DS : klien mengeluh badannya panas
DO: klien tampak lemah
S = 39.2 ˚ C
N = 92x/menit
R : 22x/menit

Virus / Bakteri

Lapisan
epitel dinding faring


 
proses inflamasi radang

bakteri melepas endotoksi merangsang tubuh untuk melepas zat pathogen oleh leukosit


 
Impuls disampaikan ke hypothalamus bagian termoregulator
 

Hiperthermi


 
Peningkatan suhu tubuh      

Peningkatan suhu tubuh
2
DS: klien mengeluh nyeri tenggorokan

DO : klien tampak rewel
 Skala nyeri 3 (0-5)
S = 39.2 ˚ C
N = 92x/menit
R : 22x/menit

Virus / Bakteri

Lapisan
epitel dinding faring

Faringti
s
 

Proses Inflamasi
      
Sakit
Tenggorok

Nyeri
menelan
Nyeri menelan

3
DS : Klien tidak mau makan karena sakit saat menelan
DO : Klien tampak lemas
porsi makan tidak habis
Virus / Bakteri

Lapisan
epitel dinding faring

Faringtis

Disfagia,

Gangguan Nutrisi Kurang dari keb. Tubuh

Gangguan nutrisi (kurang dari kebutuhan)
4.
DS:  klien mengatakan saluran hidung tersumbat karena adanya secret
DO:  Terdengar suara ronchi
Virus / Bakteri

Lapisan
epitel dinding faring

Faringti
s


 
Penumpukan secret


 
Bersihan jalan napas tidak efektif

Bersihan jalan nafas tidak efektif 

III.   DIAGNOSA KEPERAWATAN
No
Diagnosa Keperawatan
1.
Peningkatan suhu tubuh berhubungan dengan adanya peradangan
2.
Nyeri akut berhubungan dengan proses inflamasi pada tenggorokan
3.
Gangguan nutrisi (kurang dari kebutuhan) berhubungan dengan intake yang kurang dengan kesulitan menelan
4.
Bersihan jalan nafas tidak efektif  berhubungan dengan penumpukan secret

IV.        INTERVENSI KEPERAWATAN

No
No.
Dx. Kep
Tujuan dan
Kriteria hasil

Intervensi

Rasional
1
I
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3 x 24 jam Suhu tubuh dalam batas normal, dengan kriteria hasil :
-       Suhu: 36,8-37,2 C

1.         Ukur tanda-tanda vital
2.         Monitor temperature tubuh secara teratur
3.         Kolaborasi pemberian antibiotik, antipiretik

1.         Untuk mengetahui keadaan pasien
2.         Mengetahui perkembangan suhu tubuh.
3.         Membantu dalam proses penyembuhan
2.
II
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama  3 x 24 jam nyeri berkurang dengan kriteria hasil:
-       nyeri klien berkurang dari skala 3 menjadi 1
-       klien tidak tampak rewel
-       TTV normal
Suhu : 36 ˚C
Nadi:60-100 x /menit
1.         Kaji ulang tingkat nyeri

2.         Ajarkan teknik relaksasi

3.         Kaji TTV

4.         Kolaborasi dalam pemberian analgetik

1.         Agar tepat dalam memilih tindakan untuk mengatasi nyeri
2.         Meningkatkan relaksasi dan mengurangi nyeri
3.         Untuk mengetahui keaadaan umum klien
4.         Untuk mengurangi nyeri
3
III
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 3 x 24 jam, kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan kriteria hasil :
-            klien mengatakan tidak sakit dalam menelan makanan
-            klien makan dengan lahap
-            Nafsu makan klien meningkat
-            klien nampak lebih segar
1.         Kaji intake makanan klien

2.         Anjurkan klien untuk makan makanan yang tinggi kalori dan serat
3.         Anjurkan makan sedikit tapi sering dan dalam keadaan hangat.
1.             Untuk mengetahui adanya peningkatan nafsu makan
2.             Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi klien

3.             Untuk mengurangi rasa sakit tapi makanan bias masuk

4
IV
Setelah dilakukan  tindakan keperawatan selama 3x24 jam diharapkan klien dapat bernafas dengan lancer/efektif dengan kriteria hasil :
-       klien dapat mengeluarkan sputum
-       klien mengatakan dapat bernapas dengan lancar

1.      Identifikasi kualitas atau kedalaman nafas klien.
2.      Anjurkan untuk minum air hangat.
3.      Ajari klien untuk batuk efektif.
4.      Kolaborasi untuk pemberian terapi
1.      Untuk mengetahui keadaan nafas klien.
2.      Untuk mencairkan secret agar mudah keluar.
3.      Untuk melegakan saluran nafas.

4.      Untuk mengencerkan dahak.



V.           IMPLEMENTASI

No
Tanggal
No.
Dx. Kep

Implementasi

Respon

Ttd
1.

I
·         Mengukur tanda-tanda vital
·         Memonitor temperature tubuh secara teratur




·         Kolaborasi pemberian antibiotik, antipiretik
·         Klien bersedia dengan hasil  s: 37.7˚ C  N: 94x/menit  R: 20x/menit
·         Klien bersedia dan mau di periksa dalam jangka waktu
-            Malam : 37,0°C
-            Pagi  : 37,6° C
-            Sore : 37,0° C

·         Klien bersedia saat dilakukan pemberian terapi injeksi
·         Cefotaxim 2x600mg
·         antrain 2 x 250 mg

2
15-01-2013
II
·         Mengkaji ulang tingkat nyeri

·         Mengajarkan teknik relaksasi

·         mengkaji TTV




·         berkolaborasi dalam pemberian analgetik
·         klien mengatakan masih terasa sakit tenggorokan bila klien makan atau berbicara
·         klien mengerti dan mencoba untuk melakukan tehnik relaksasi( tarik nafas dalam, mengatur posisi menjadi semi powler)
·         klien kooperatif dengan hasil
S: 37,7˚ C
N: 94x/menit
R: 20x/menit
·         klien bersedia untuk di injeksi (thorasix) dengan terapi : antrain 2x 250mg


3

III
·         mengkaji intake makanan klien

·         menganjurkan keluarga klien untuk memberimakanan yang tinggi kalori dan serat kepada klien
·         klien terlihat makan tiga kali sehari dengan menu bubur, sayur dan buah.

·         Keluarga klien mengerti dan melakukannya.




4

IV
·         Mengidentifikasi kualitas atau kedalaman nafas klien.
·         Megnjurkan untuk minum air hangat.
·         Mengajarkan klien untuk batuk efektif.
·         Klien kooperatif saat dilakukan identifikasi kedalaman nafas

·         Klien bersedia dan mau minum air hangat
·         Klien mengerti cara batuk efektif



VI.     EVALUASI

No
Tgl,
DX

Evaluasi
Ttd&
NamaPerawat
1.
15-01-2013
I
S : klien mengatakan badannya sudah tidak panas
O: keadaan klien sedang
 S = 36,6 ˚ C
A : masalah teratasi
P : pertahankan intervensi

2.
15-01-2013
II
S:klien mengeluh masih nyeri tenggorokan
O : klien tampak rewel
A: masalah belum teratasi
P :lanjutkan intervensi

3.
15-01-2013
III
S : klien mengatakan masih saki tpada saat menelan makanan
O : - Nafsu makan menurun
- Klien tampak lemas
A : masalah belum teratasi
P : Lanjutkan intervensi

4.
15-01-2013
IV
S : klien mengatakan saluran hidung tersumbat karena adanya secret
O :  terdengar suara ronchi
A: masalah belum teratasi
P: lanjutkan intervensi






1
16-01-2013
II
S:klien mengatakan sudah tidak nyeri tenggorokan
O : keadaan klien sedang
A: masalah teratasi sebagian
P :lanjutkan intervensi

2
16-01-2013
III
S : klien mengatakan sudah tidak sakit saat menelan
O : klien mengatakan nafsu makan agak membaik
- Keadaan klien sedang
A : masalah teratasi sebagian
P : Lanjutkan intervensi

3
16-01-2013
IV
S:  klien mengatakan saluran hidungnya sudah tidak tersumbat
O :  sudah tidak terdengar suara ronchi
A: masalah teratasi
P: hentikan intervensi


BAB IV
PENUTUP
A.      KESIMPULAN
Faringitis adalah suatu peradangan pada tenggorokan (faring).Faringitis (dalam bahasa Latin; pharyngitis), adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau faring.Kadang juga disebut sebagai radang tenggorok.
Radang tenggorokan berarti dinding tenggorokan menebal atau bengkak, berwarna lebih merah, ada bintik-bintik putih dan terasa sakit bila menelan makanan.
Diagnosa keperawatan yang dapat ditegakkan pada klien dengan faringitis yaitu:
1.      Peningkatan suhu tubuh berhubungan dengan adanya peradangan
2.      Nyeri akut berhubungan dengan proses inflamasi pada tenggorokan
3.      Gangguan nutrisi (kurangdarikebutuhan) berhubungan dengan intake yang kurang dengan kesulitan menelan
4.      Bersihan jalnan nafas tidak efektif  berhubungan dengan penumpukan secret
B.       SARAN
Kami selaku penulis berharap kepada pembaca khususnya kami sendiri agar dapat meningkatkan lagi ilmu dan pengetahuan yang dimiliki khususnya dibidang Keperawatan.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

78 komentar:

Unknown mengatakan...

The nice Post, and Best Author
Cara Cepat Mengobati Keloid Good This Nice Cara Mengobati Jantung bocor Anak
From Nothing For Some Thing

Unknown mengatakan...

Verry good, and Best Author
Penyakit Keloid dan Cara Mengobatinya best and Pengobatan Keloid Ampuh The best Writer and verry Cara Mengobati Keloid Secara Cepat
From Nothing For Some Thing

Unknown mengatakan...

Verry Good and Best..
Cara Mengobati Perut Kembung Nice Obat Perut Kembung Mujarab best Hukum Melafalkan Shalat Good Good Hukum Shalat Berjama'ah berduaan
Nice and Good Best and Greet

Unknown mengatakan...

Nice and greet Post best Author.
Obat hernia anak Paling Ampuh
Nice and Good

Unknown mengatakan...

Best Author and Thank For Inform...
Terima Kasih telah memberikan informasi
Cara Mengobati Penyakit Tetanus dan Pengobatan Keloid Ampuh dan TradisBest Author and Thank For Inform...
Terima Kasih telah memberikan informasi
Cara Mengobati Penyakit Tetanus dan Pengobatan Keloid Ampuh dan Tradisional by Cara Mengobati Tetanus
Nice, Thank Youional by Cara Mengobati Tetanus
Nice, Thank You

Unknown mengatakan...

Nice, keren
Obat Alzheimer yang dianjurkan oleh dokter
Hebat bagus terbaik

Unknown mengatakan...

Nice, keren dan luar biasa
Grosir Mukena : Mukena Paling Baik sangat bagus Mukena Katun Jepang Asli dan Mukena bali bahan Katun rayon super dan bagus Cara Mengobati Obat Batuk Berdahak
Hebat bagus terbaik

HerbalSolution mengatakan...

Artikel yang cukup bagus dan menarik , enak untuk dibaca ..

Gejala Tipes Dan Pengobatannya Secara Tradisional
Menu Makanan Untuk Penderita Penyakit Tipes
Kumpulan Buah Untuk Penderita Tipes

Unknown mengatakan...

Good
Obat Penyakit Alergi Paling Ampuh Nice good Pengobatan Penyakit Biduran Ampuh Best Author Habib Rizeq Shihab - Apakah itu salafy Enjoy Penjelasan Tentang Hukum Musik - Ustad Adi Hidayat, LC, MA No more Apakah Orang Tua Nabi Masuk Neraka
Nice Author, best Site

Unknown mengatakan...

Best and good
Pengobatan Diabetes Pada Anak nice and good Masalah Tahlilan Yang tidak ada ujungnya
Nice and Best Author

Unknown mengatakan...

Best and Good
Cara Mengobati Gondokan Nice Obat Hidrokel Anak Hidrokel Bermanfaat Cara Mengobati Penyakit Tipes Good Cara Mengatasi Buang Air Besar Best Obat penyakit Maag Pada Anak
Nice and Best Progres

Unknown mengatakan...

Nice Article and Good.. Nice
Penyakit Mata Belekan dan cara Mengovatinya And best Apakah Maksud Dari Fiqih Sunnah Best Article Hati-hati Belajar Agama
Best Article and best And GOOD

Yunia mengatakan...

Thank you for the information gan, may be useful for all of us.
Greetings from us:
Links We wish Beneficial For Information About Health.

Pengobatan Tradisional Jantung Koroner
Pengobatan Tradisional Wasir Tanpa Operasi
Obat Tradisional Sakit Kepala Sebelah akibat Migrain Ampuh 100% Alami
Bercinta Bisa Jadi Obat Sakit Kepala Akibat Migrain
Cara Mengatasi Sakit kepala sebelah pada wanita hamil dan menyusui
Penyebab Dan Ciri Ciri sakit Kepala Sebelah akibat Migren

We Wait Further Information gan ....

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat dan baik
Cara Mengobati Penyakit Obesitas Nice Hukum Menyolati Orang yang mati Best Apakah saya wahabi.? Good Apakah Syi'ah itu Islam.?
Sangat baik dan benar

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat dan baik
Obat Tradisional Tulang Retak Pada Anak Nice and Best Haruslah Kita Bermadzhab
Sangat baik dan benar

Unknown mengatakan...

Sangat luar biasa dan bermanfaat
Obat TBC Pada Anak
Sangat bermanfaat dan luar biasa

Unknown mengatakan...

Sangat luar biasa dan bermanfaat
Cara Mengobati Ambeien / Wasir Anak Nice and Good membelikan Kedua Tangan Ketika Do'a
Sangat bermanfaat dan luar biasa

Heni Herbal mengatakan...

Good afternoon hopefully can provide information that is more interesting.
Ahlinya Obat Hernia
Cara Mengobati Nafas Berbunyi Pada Anak
Obat PengapuranTulang Pinggang
Cara Alami Mengobati Radang Paru-Paru Ampuh
Obat Penyakit Ayan Secara Alami

Unknown mengatakan...

Nice and Verry good
Obat Untuk Mengatasi Perut Kembung pada anak Nice and Cara Mengobati Perut Kembung pada anak Best Obat Perut Kembung pada anak
Is Verry Good and Verry Nice

Yunia mengatakan...

Incredible information, I am happy to be able to read and visit your blog. Greetings from me.

Agen Resmi Jelly Gamat QnC kabupaten tolitoli
Agen Resmi Jelly Gamat QnC Kota Kendari Sulawesi Tenggara
Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kabupaten Kolaka
Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kabupaten Konawe

Apotek Tradisional mengatakan...

This is a very wonderful page happy to visit your page I found your page from google
Obat Penyempitan Pembuluh Darah
Obat Sesak Nafas
Obat Jantung Berdebar
Obat Usus Buntu

expertshelp mengatakan...

I have in various occasions experienced inflammations on my throat, but i never even for a minute think that i would be suffering from Pharyngitis, I am greatly honored to find this post, and its my hope that other people can also get the chance to see it. Professional Resume Editors Thanks

Apotek Tradisional mengatakan...

Pemabahasannya sangat mendalam sehingga super komplit untuk dijadikan regerensi, mantap !
Cara Mengobati Kanker Kelenjar Getah Bening
Cara Mengobati Kista
Cara Mengobati Diabetes
Cara Mengobati Asam Urat

nunung fitri mengatakan...

The information is interesting and very useful.
Cara-Mengatasi-Sakit-Kepala-Akibat-Migrain-yang-Parah
Makanan-Yang-Harus-Dihindari-Penderita-Diabetes
Cara-Mengatasi-Penyakit-Asam-Lambung

Semua Bisa mengatakan...

Luar biasa artikelnya, Luar biasa sangat. Jangan lupa kunjungi pula : Cara Mengobati Hidrokel Secara Alami Sangat Obat Hernia Resep Dokter

Unknown mengatakan...

Exceptional information, thanks. We wait for more information
Obat Herbal Yang Ampuh Untuk Sembuhkan Flek Paru Paru
Bahaya Radang Tenggorokan Dan Obat Radang Tenggorokan Herbal Yang Terbukti Ampuh
Penyebab Penyakit Scabies Serta Obat Scabies ( Kudis / Gudik ) Herbal Yang Ampuh
Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kabupaten Barito Utara Muara Teweh
Cara Ampuh Mengobati Penyakit Degenerasi Makula Secara Alami Sampai Sembuh Total
Cara Alami Menyembuhkan Perikarditis Paling Ampuh Sembuhkan Perikarditis
Obat Degenerasi Makula Tradisional Terbaik Alami MANJUR

Unknown mengatakan...


The information is very useful and useful especially for us as a reader of your website, we wait for the latest information from this website good luck

Cara Mengobati Nyeri Sendi Pada Jari Tangan
Cara Menjaga Kesehatan Tulang Dan Sendi
Penyebab Sering Sakit Sendi Mendadak
Obat Tradisional Untuk Penyakit Nyeri Sendi
Makanan Sehat Untuk Penderita Radang Sendi Yang Wajib Diketahui
Radang Sendi Lutut Dan Pengobatannya
Cara Mengobati Radang Sendi Secara Alami

Unknown mengatakan...

Sangat membantu dan sangat baik, jangan lupa kunjungi pula Cara Mengobati Buah Zakar

Hani mengatakan...

Sangat keren dan sangat membantu kami menemukan informasi terimakasih atas informasi dari postingan yang cukup luar biasa ini, jang lupa untuk mengunjungi :
Obat Hidrokel Paling Dipercaya Para Ahli dan juga
Download Hawari - Belahan Jiwa lalu
Cara Herbal Mengobati Buah Zakar Thank's

Antontasik mengatakan...

Sangat memepesona, jangan lupa untuk terus bersyukur atas nikmatnya. jangan lupa kunjungi pula Obat Asma Pada Anak, dan juga artikel pilihan kami tentang Cara Mengobati tetanus, sangat menawan Obat Tetanus 100 % ampuh, kunjungi pula Hukum Bertabarruk
Terimakasih

Hani mengatakan...

Sangat bagus dan sangat baik, menambah wawasan dan juga informasi. terimakasih. jangan lupa kunjungi pula : Cara Mengatasi Buah Zakar Membesar Sebelah jangan lupa pula untuk Cara Mengatasi Buah Zakar Besar Sebelah pada Anak Bayi dan jangan lupa untuk membaca Ebook 37 Masalah Populer - Ustadz Abdul Somad Lc., MA.
Terimakasih.

nunung fitri mengatakan...

thanks for the sharing, I'm happy to read this article, I ask permission to keep a link about health.Hopefully useful for you all.
Cara Alami Mengatasi Asam Lambung
Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung Naik
Tanaman Obat Tradisional Untuk Menurunkan Asam Lambung

Antontasik mengatakan...

Terima Kasih atas informasinya, sangat bagik, article dan templatenya sangat baik. jangan lupa jika anda mengalami masalah pada Tipes atau Ambeien / Wasir dan Tenggorokan Gatal dan Batuk Kering
Sukses.

Unknown mengatakan...

Articles that are extraordinary and very useful, keep writing friends, I wait for your graffiti. Greetings.

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Emboli Paru Secara Alami Sampai Sembuh Total
Obat Emboli Paru Tradisional Terbaik 100% Alami MANJUR
Obat Tuba Falopi Tersumbat, Ampuh Mengatasi Dan Menyembuhkannya

nunung fitri mengatakan...

Informasi yang anda berikan ini sangat menarik dan bermanfaat. Sukses terus gan!!
Kami tunggu informasi terbarunya!!
Cara Menghilangkan Panu Kadas Kurap dengan cepat
Obat Herbal Miom Dan Kista Terbukti Ampuh
QnC Jelly Gamat Rasa Jeruk
cara Mengatasi Sakit Lambung Sebelah Kiri Secara Alami
Cara Menghilangkan Gatal dan Bentol Di Alat Kelamin
Cara Mengobati Menopause Dini Yang Aman dan Ampuh

HerbalSolution mengatakan...

all good, very easy to understand, improve again ..

Obat Panu Kadas Kurap Paling Ampuh Di Apotik
Obat Flek Paru Paru Di Apotik
Obat Anyang Anyangan Di Apotik
Resep Obat Kista Ovarium Di Apotik
Obat Kurap Paling Ampuh Di Apotik
Obat Sakit Lutut Di Apotik
Obat Pembersih Paru Paru Di Apotik
Obat Penyakit Kulit Eksim Di Apotik
Obat Nyeri Sendi Dan Otot Di Apotik
Obat Penurun Gula Darah Di Apotik Paling Ampuh

Unknown mengatakan...

This new article is interesting and useful for readers, success continues gan!!!
Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Dengan Cepat dan Alami
Cara Menghilangkan Benjolan Kecil Di Ketiak Tanpa Operasi
Cara Menghilangkan Benjolan Kecil Di Punggung Tanpa Operasi
Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Berlubang Secara Alami
Cara Mengatasi Lambung Panas, Perih, Kembung & Mual Secara Alami
Kutil Kemaluan Wanita dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Unknown mengatakan...

No results betray the process

Cara Mengobati Penyakit Mata Trakoma
Obat Kanker Tulang Stadium 4
Obat Asma Kambuhan Untuk Anak Dan Dewasa
Makanan Yang Bagus Untuk Kesehatan Mata Selain Wortel
Cara Menyembuhkan Mata Silinder (Astigmatisma)
Walatra G-Sea Jelly Gamat Rasa Jeruk

kesehatan mengatakan...

The article is interesting but do not forget to fix it again so that the reader more interested
Cara Menghilangkan Bentol Di Kelamin Wanita
Cara Mengatasi kulit gatal-gatal merah
Obat Herbal QnC Jelly Gamat Asli Tasikmalaya
Cara Cepat Menyembuhkan Sesak Nafas Karena Asam Lambung
Cara Mengobati Ruam Kulit Disertai Rasa Gatal Secara Alami

Yunia mengatakan...

finally found also the website with the content of articles and useful information. Thank you very much.
Walatra Gamat Emas Kapsul
Obat Hipertiroid Herbal Paling Ampuh Tanpa Operasi
10 Gejala Hipertiroid Yang Perlu Anda Waspadai
Kenali Lebih Banyak Lagi Penyebab Hipertiroid
Khasiat Ciplukan Untuk Mengobati Hipertiroid
Penderita Hipertiroid ? Hindari 7 Makanan Dan Minuman Ini

Anita Azizah mengatakan...

terima kasih telah berbagi informasi yang bermanfaat

Obat Tradisional Perut Panas Dan Perih
Obat Benjolan Di Payudara Sebelah Kiri
Makanan Sehat Bagi Penderita Pembengkakan Hati
Walatra Zedoril-7 Obat Pembunuh Sel Kanker
Ciri-Ciri Kanker Kelamin Pria
Gejala Penyakit Kuning Pada Orang Dewasa
Akibat Dari Sering Menahan Kencing Terlalu Lama
Penyembuhan Erosi Serviks

HerbalSolution mengatakan...

The article is good, my information becomes increasing, in the update continue the article to be able to listen to other information ..

Pengobatan Alternatif Kista Bartholin
Cara Mengobati Kista Bartholin Dengan Daun Sirsak
Apakah Kista Bartholin Dapat Mengganggu Kehamilan
Nama Antibiotik Untuk Kista Bartholin
Perawatan Luka Pasca Operasi Kista Bartholin
Biaya Operasi Kista Bartholin
Apakah Kista Bartholin Harus Di Operasi
Obat Kista Bartholin Agar Cepat Pecah
Ciri Ciri Penyakit Kista Bartholin

Heni Herbal mengatakan...

Thank you very much for the news you provide on this day .
Agen Resmi Jelly Gamat QNC Kota Semarang Jawa Tengah
Cara Mengobati Kencing Yang Tidak Tuntas Secara Herbal
Cara Menyembuhkan Astigmatisme Secara Alami
Obat Herbal Lambung Bengkak
Pusat Obat Jelly Gamat Emas Rasa Jeruk

Unknown mengatakan...

Congratulations reactivities ,, highly awaited new information from this site
Good luck !!

situs herbal
obat penyakit hipertiroid
obat kanker hati mujarab

Semua Bisa mengatakan...

Best Best information, Good Information. Thanks For HelpFull Me.
10 Penyebab Asma
18 Anjuran Asma

Heni Herbal mengatakan...

Thanks for the information presented on this day .
Obat Tradisional Penyakit TBC Yang Ampuh
Obat Tradisional Sesak Nafas Yang Aman
Penyebab Terjadinya Osteoporosis
Cara Mengobati Mata Xeroftalmia Secara Alami
Obat Herbal Untuk Menyembuhkan Penyakit Kuning

Unknown mengatakan...

I feel helped by the presence of this website, hopefully can be updated information continues ..

Cara Membuat Obat Alami Kelenjar Getah Bening
Apakah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Berbahaya
Apakah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Harus Dioperasi
Penyebab Kelenjar Getah Bening Di Leher Membesar
Apakah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Terasa Sakit
Obat Kelenjar Getah Bening Bengkak

Unknown mengatakan...

Apa kabar gan !!
Informasi yang anda bagikan ini bermanfaat sekali untuk kami, dan kalau bisa lebih di perbaiki lagi ya gan, agar semakin banyak pengunjung yang tertarik membaca artikell anda ini. Dan kami juga ingin meminta ijin untuk memberikan informasi seputar kesehatan, yang mana mungkin bisa bermafaat juga untuk anda.
Kenali Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak
Cara Menyembuhkan Demam Berdarah Pada Anak
Cara Alami Menyembuhkan Infeksi Usus
Makanan yang Harus Dihindari Penderita Infeksi Usus
Cara Alami Mengobati Infeksi Saluran Pencernaan
Terimakasih sudah memberikan ijin. Sukses terus gan!!

Unknown mengatakan...

terima kasih telah berbagi informasi yang bermanfaat dan menarik

Obat Walatra Zedoril 7
Obat Telinga Bernanah Paling Ampuh
Buah Untuk Mengobati Kanker Nasofaring
Rahang Sakit Saat Membuka Mulut

Tiara Prasetya mengatakan...

semoga bermanfaat
Cara Tradisional Mengencangkan Otot Kewanitaan
Obat Tradisional Kanker Rongga Mulut
Anemia Saat Hamil 7 Bulan
Cara Cepat Menghilangkan Bekas Cacar Air Yang Berlubang

Oji Sarkin mengatakan...

information on how to treat the disease using herbal remedies
Daun Sirsak Untuk Kanker Tenggorokan
Cara Mengobati Kanker Sumsum Tulang Belakang
Cara Menghilangkan Fatty Liver
Tanaman Obat Ginjal Bengkak
Kaki Bengkak Di Bagian Pergelangan Kaki

AntonTasik mengatakan...

Sangat bagus dan luar biasa. Jangan lupa lihat juga 18 Penyebab Vertigo | Aishwa Nahla | Aksi Fanatik Fans Virzha di Tasikmalaya | Info Seputar Penyakit Herpes

Tiara Prasetya mengatakan...

keep calm and be happy
Obat Tradisional Encok Pegal Linu
Obat Tradisional Gangguan Fungsi Hati
Perbedaan Sariawan Dan Kanker Mulut

bajumodern mengatakan...

Best Information and Good
96 Cara Mengobati Sakit Gigi
4 Penyebab dan Gejala Difteri
13 Penyebab Maag
6 Penyebab Penyakit Maag
10 Cara Cepat Mengobati Sariawan

AntonTasik mengatakan...

Good site, and best comment
8 Gejala Paranoid
PP Muhammadiyah atas Suriah

walatraherbal07 mengatakan...

Today's information presentation is very interesting.
Langkah Pertolongan Pertama Kaki Keseleo
Gejala Kanker Mata Stadium Awal
Penyebab Sakit Tenggorokan Dan Solusinya
Obat Tradisional Nyeri Saat Buang Air Kecil
Jelly Gamat Kapsul

Unknown mengatakan...

Congratulations reactivities ,, highly awaited new information from this site
Good luck !!

obat kista bartholin tradisional
ciri ciri gendang telinga robek
obat tradisional miom

walatrazedoril mengatakan...

Thanks for this interesting and useful information. awaited other interesting information.

Obat Limpa Bengkak Tradisional
Cara Mengobati Alergi Yang Kambuh
Obat Untuk Menghilangkan Benjolan Kelenjar Di Leher

walatrazedoril mengatakan...

Thanks for this interesting and useful information. awaited other interesting information.

Obat Limpa Bengkak Tradisional
Cara Mengobati Alergi Yang Kambuh
Obat Untuk Menghilangkan Benjolan Kelenjar Di Leher

Welcome To My Blog mengatakan...

The article you created is very easy to understand, Thank you good article

http://obatasamuratagaricpro.com/obat-stroke-paling-fenomenal/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-hepatitis-akut/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-kanker-prostat-yang-ampuh/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-jantung-koroner-ampuh/


http://rizkyherbal.com/obat-kanker-prostat-tanpa-operasi/
http://rizkyherbal.com/pengobatan-hernia-tanpa-operasi/
http://rizkyherbal.com/pengobatan-jantung-koroner-tanpa-operasi/
http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/
http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

Eros Rosita mengatakan...

greetings, good luck.

obat jantung bocor secara alami

Eros Rosita mengatakan...

greetings, good luck.

obat jantung bocor secara alami

Eros Rosita mengatakan...

Thank you for informations

obat liver tradisional
obat tbc usus secara alami
obat pneumonia secara alami

walatraherbal07 mengatakan...

An information presentation that attracts visitors.
Obat Alami Untuk Mengatasi Kaki Pecah-Pecah
Obat Alami Untuk Mengeringkan Luka Bekas Operasi Caesar
Makanan Penyebab Asam Lambung Naik
Azka Herbal

Agen Obat Herbal NesV - Obat Keputihan Miss V mengatakan...

thanks for informations
https://tokoherbalnesv.blogspot.com/

walatraherbal07 mengatakan...

An interesting information presentation.
Upaya Pencegahan Gagal Ginjal Kronis
Pengobatan Benjolan Di Payudara Yang Ampuh Dan Alami
Obat Alami Untuk Jerawat
Obat Alami Anyang-Anyangan

Antontasik mengatakan...

Best Information and Good Idea. This site is good
How To Keep Your Skin Beautiful at All Ages
5 Ways to Remove Black Eye Bags Naturally Most Popular
How to Burn the Most Effective Body Fat.?
What Is Islam Nusantara.?
10 Makanan Penambah Kecerdasan Otak
Konsumsi Serat Yang Tinggi

bajumodern mengatakan...

Nice Information and good
جميلة وجذابة في كل مرة
هذه خدعة بسيطة لإرضاء زوجتك في السرير
تعرف على شخصية المرأة من خلال صدرها
النظام الغذائي المتوازن مهم عند الحامل
Physical exercise increases sexual desire
Vagina Spa: Washed, Massaged, Then Smoked
Happy To Make Longevity
Testis Treatment and Massage
3 Faktor yang Bisa Dilakukan Agar Bisa Menikmati Seks Secara Maksimal

Eros Rosita mengatakan...

Your article is very good

Tanaman Obat Maag Paling Ampuh

bajulengan mengatakan...

Keren dah ni postingan.
TESTIMONI LIYOSKIN CREAM WAJAH PENGHILANG FLEK
CREAM PENGENCANG KULIT WAJAH
CREAM PEMUTIH UNTUK MEREMAJAKAN KULIT WAJAH YANG KERIPUT
Membalikan Kedua Tangan Ketika Do'a Tolak Bala'
Apa dan Siapakah Wahabi.?
Apa Hukum Melubangi Telinga Untuk Memasang Anting-Anting.?
Fatwa Ulama Al-Azhar tentang "Rayyah" dan "Liwa"
Pemahaman Keliru Tentang Salaf
4 Jenis Manakan Penambah Sperma

Eros Rosita mengatakan...

Really your page is very satisfying I also admire it.

Gejala dan Komplikasi Infeksi Lambung

bajulengan mengatakan...

Terimakasih atas informasinya
POSISI BIROKRASI DALAM PEMERINTAHAN
Mengatasi Wajah keriput Dengan Cepat
Produk Untuk Kulit Kusam
MAKALAH HUKUM BISNIS DOC
Hadits Lemah tentang Bendera Rasulullah
Cara Mengatasi Alzheimer Secara Tepat
Cream Pencerah Wajah Remaja Aman

top research papers mengatakan...

I have gone through the post and I must admit that I like it. Keep doing the great work. I will definitely have to bookmark this page for future reference. I will also refer my friends to come and have the same experience as I did. Thanks so much. Anyone looking for Custom Writing Services check out our Essay Samples and the Previous assignments we have done

Eros Rosita mengatakan...

I get your page from my friend, hopefully I can cooperate well.

obat tradisional maag kronis
komplikasi sinusitis dan pengobatannya
ginjal bocor bisa disembuhkan

bajumodern mengatakan...

Good Presentasion this web. Thanks you
Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Dan Mengelupas
Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah
Hukum Perbankan dan Lembaga Keuangan
Mengenali Penyakit Tipes
7 Penyebab Terjadinya Hidrokel dan 8 Bahayanya
Penyakit Hernia, Kenali dan Jauhi
Kenalkanlah Demam Berdarah
Gawat.! Kurangnya Vitamin D Sebabkan Rematik
Info Seputar Penyakit Ginjal

bajumodern mengatakan...

Best solution and good Information.
Cara Menghilangkan Lubang Bekas Komedo
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Apa Dampak Makan Lebih dari Jam 8 Malam.?
Cara Mengatasi Alzheimer Secara Tepat
3 Makna Cinta Menurut Al-Qur'an
Hukum Perbankan dan Lembaga Keuangan
Sejarah Akuntansi

walatraherbal07 mengatakan...

An information that can inspire everyone.
Pengobatan Alami Kardiomiopati

dera mengatakan...

pengobatan alternatif syaraf mata rusak akibat katarak

Posting Komentar